4 Cara Menabung Cepat Agar Tabungan Lekas Terkumpul

uang-elektronik
Uang Elektronik

Saat menabung, kadang-kadang kita jadi tidak sabar dan ingin tabungan kita segera terkumpul. Apalagi kalau kita sengaja menabung untuk membeli sesuatu.

Teman-teman sudah membaca artikel menabung cepat yang lain belum nih?

Selain tips menabung cepat, Bobo juga punya tips menabung lainnya.

Di tips sebelumnya, saya menuliskan untuk membuat rencana tabungan, teman-teman. Misalnya berapa lama waktu menabung dan berapa jumlah uang yang harus kita sisihkan.

Nah, kalau teman-teman punya waktu menabung yang singkat, ada tips menabung cepat untuk teman-teman.

Yuk, kita cari tahu apa saja cara menabung cepat.

1. Langsung Menabung Saat Mendapatkan Uang

Jika teman-teman mendapatkan sejumlah uang, ingat untuk langsung menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, ya. Sebaiknya kita melakukan ini di awal, sebelum membawa uang jajan ke sekolah. Misalnya teman-teman ingin menabung sebesar Rp 2.000 setiap hari, maka tabunglah Rp 2.000 sebelum berangkat ke sekolah. Nanti, jika uang jajan teman-teman masih ada sisanya, bisa ditambahkan ke tabungannya. Ini bisa membuat kita disiplin dalam menabung dan tidak menggunakan uang yang seharusnya kita tabung.

2. Membawa Bekal Makanan dan Minuman

Cara kedua untuk menabung cepat adalah mengurangi pengeluaran. Mengurangi pengeluaran artinya mengurangi membeli hal tertentu dengan uang yang kita miliki. Salah satu caranya adalah dengan membawa makan dari rumah, teman-teman. Misalnya membawa bekal makan siang, camilan bikinan sendiri, dan tentunya air minum. Kalau teman-teman tidak bisa membuat camilan sendiri, bisa juga membawa buah-buahan, lo. Hemat dan sehat, kan?

3. Hanya Membeli yang Dibutuhkan

Meskipun sudah menabung di awal, saat kita akan membeli sesuatu, coba pikirkan lagi apakah teman-teman benar-benar membutuhkannya. Sebagai contoh, kamu ingin membeli camilan, sementara kamu sudah membawa bekal camilan.

Nah, coba pikirkan lagi apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya ingin saja? Saat menabung, selalu ingat kalau sekecil apapun jumlah uangnya, bisa menambah tabungan kita. Apalagi kalau kita ingin menabung cepat, teman-teman.

4. Mencari Hal Seru yang Tidak Mengeluarkan Uang

Kalau teman-teman suka membeli mainan, saat menabung kita bisa menggantinya dengan yang lain. Misalnya membuat mainan sendiri di rumah menggunakan benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi. Selain hemat, kita juga jadi mengasah kreativitas. Selain itu, kita bisa mengganti aktivitas yang mengeluarkan uang dengan aktivitas yang gratis. Seperti berolahraga dan bermain bersama teman-teman. Kita jadi bisa menabung lebih cepat dan punya aktivitas yang mengasyikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *