4 Langkah Mudah Cek Ongkir Ekspedisi

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Internet telah memberikan banyak perubahan pada kebiasaan hidup masyarakat. Hal yang sama juga terjadi dalam proses berbelanja yang sekarang hanya cukup mengandalkan gadget dan koneksi internet. Seharian belanja ke luar rumah? Bukan zamannya lagi.

Untuk menjadi pedagang di zaman dulu, seseorang juga harus memiliki toko terlebih dahulu dan menunggu pembeli datang. Jangkauannya juga sedikit, belum lagi biaya sewa tempat yang juga cukup menguras rupiah.

Berbeda jauh dengan sekarang, dimana semua barang dagangan bisa dijajakan melalui etalase digital yang hanya berisi foto serta deskripsi produk.

Fenomena belanja online yang semakin merajalela ini, tentunya sangat menguntungkan bagi keduabelah pihak, baik itu pembeli maupun penjual.

Dalam transaksinya dibutuhkan jasa ekspedisi. Untuk menggunakannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah ongkos kirim atau ongkir.

Ongkir ini sangat berkaitan dengan tarif pengiriman, yang dihitung berdasarkan berat serta kota tujuan. Cara cek ongkir sangat mudah. Sebagian besar jasa ekspedisi sudah mempunyai website resmi, jadi semuanya bisa diakses secara online. Termasuk cek ongkir.

Berikut merupakan 4 langkah mudah untuk melakukan cek ongkir yang dimaksud.

Akses website ekspedisi

Langkah pertama, akses website mereka. Kalau sudah, cari menu tarif kiriman.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa klik pranala berikut ini https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif, http://sicepat.com/deliveryFee, http://www.jet.co.id/tariff agar terhubung langsung dengan laman cek ongkir dari beberapa perusahaan ekspedisi terpercaya di Indonesia.

Isi data

Setelah muncul pilihan tersebut, kamu harus memasukkan ‘origin’ dan ‘destination’. Origin adalah kota asal, sementara destinastion yakni kota tujuan. Masukan juga perkiraan berat barang dalam satuan kilogram.

Masukkan kode keamanan

Agar cek ongkir yang kamu lakukan lebih akurat, periksa kembali apakah data yang dimasukan telah sesuai. Jangan lupa pula untuk mengisi kolom ‘kode kemanan’.

Kamu cukup mengetik ulang kombinasi angka dan huruf yang muncul di bagian atas kolom isian.

Klik tombol ‘cek tarif’

Terakhir, klik tombo ‘cek tarif’. Dalam hitungan detik, daftar ongkir akan terpampang sesai data yang kamu masukkan tadi.

Ada beberapa pilihan jasa juga, dari mulai reguler sampai ekspres. Semakin banyak jenisnya memungkinkan barang kiriman tiba secepat kilat, tentunya tarif yang dikenakan pun lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *