4 Tips Jitu agar Kartu ATM Tak Cepat Rusak

kirim-uang
Kirim Uang

Tidak hanya perlu dijaga keamanannya dari risiko penyalahgunaan, kartu ATM juga perlu dilindungi dari kerusakan fisik. Kartu yang rusak bisa menyebabkan gagalnya transaksi saat digesekkan di mesin ATM atau EDC.

Kerusakan pada kartu sering kali terjadi pada chipnya. Saat kartu hilang atau rusak, biasanya nasabah akan dikenakan biaya paling sedikit Rp 50 ribu sebagai biaya penggantian. Namun sebelum benar-benar rusak, mari jaga kartu ATM kita dengan beberapa langkah berikut ini :

1. Bersihkan chip kartu ATM dengan penghapus pensil

Anda tidak perlu panik karena transaksi Anda gagal. Coba bersihkan terlebih dahulu chip kartu ATM Anda dengan penghapus pensil. Gosok bagian chip-nya dengan halus, dan setelah itu cobalah untuk digunakan bertransaksi kembali.

Chip berwarna kuning emas itu merupakan elemen yang penting dalam kartu sebagai penyimpan data. Ketika chip tidak berfungsi, maka data yang tersimpan menjadi tidak terbaca. Gosokkan penghapus ke chip emas di kartu tersebut untuk menghilangkan noda-noda yang menempel di kartu.

2. Bersihkan dengan cotton bud dan alkohol

Selain dengan penghapus, Anda juga bisa membersihkan chip dengan cotton bud. Oleskan dengan sedikit alkohol, dan usapkan cotton bud itu secara lembut ke permukaan chip. Diamkan beberapa saat sampai alkohol mongering baru gunakan kembali.

3. Bersihkan pita magnetik dengan tisu kering

Kartu ATM yang disimpan di dalam tas khusus atau dompet dalam waktu cukup lama dapat menghilang sensitifitasnya. Terlebih jika dompet yang digunakan kotor dan lembab. Kondisi ini juga bisa menyebabkan transaksi gagal.

Coba bersihkan bagian magnetic strip atau pita magnetik (berwarna hitam) dengan tisu yang dalam keadaan kering. Lakukan juga bila kartu Anda pernah kehujanan atau basah saat beraktivitas. Hal yang terpenting adalah jangan sekali-kali mengambil kotoran yang menempel pada kartu dengan menggunakan kuku atau benda tajam.

4. Simpan dalam dompet khusus atau setidaknya lebih tertutup

Jangan menyimpan kartu secara langsung di dalam saku celana atau kantong baju yang biasanya kurang bersih dan rawan terkena kotoran. Jangan pula masukkan begitu saja ke dalam tas tanpa perlindungan dompet.

Simpan kartu ATM ke dalam tempat yang lebih aman seperti dompet khusus untuk menyimpan kartu. Satukan kartu Anda dengan KTP, SIM, dan kartu penting lainnya. Selain dapat menghindari kerusakan pada chip kartu Anda, Anda juga tidak akan kebingungan dalam mencarinya saat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *