5 Alasan Orang Lebih Senang Bertransaksi dengan Uang Tunai

kirim-uang
Kirim Uang

Saat ini, banyak masyarakat lebih suka melakukan transaksi pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit. Selain lebih praktis, masyarakat beralasan faktor keamanan membuat mereka lebih memilih untuk bertransaksi non tunai daripada transaksi tunai.

Dikutip dari situs CheatSheet, pada hari Rabu 15 Juni 2016, sebuah riset bank terhadap masyarakat Amerika menunjukkan bahwa masyarakat Amerika sangat takut saat memegang uang dengan jumlah yang lebih besar. Ada 69 persen responden yang membawa kurang dari US$50 di dalam dompetnya, 40 persen membawa uang kurang dari US$20 persen dan hanya 7 persen responden yang membawa lebih dari US$100. Jika membawa banyak uang cash, Anda akan merasa membawa uang yang lebih banyak dan lebih mudah juga  untuk menghabiskannya.

Meskipun demikian, ada beberapa situasi yang menjadikan keberadaan uang tunai menjadi sangat penting. Berikut ini adalah lima alasan yang menunjukkan uang tunai masih menjadi primadona untuk pembayaran.

1. Biaya darurat saat bepergian

Ketika bepergian, alangkah baiknya Anda membawa uang cash. Uang ini bisa digunakan untuk biaya yang tak terduga, misalnya truk derek ketika mobil yang digunakan untuk pergi, mogok di jalan. Seorang founder The Simple Dollar, Trent Hamm, mengatakan bahwa dirinya selalu menyimpan empat lembar US$20 di dalam dompetnya untuk biaya yang tak terduga. Uang tersebut cukup untuk meng-cover semua pembayaran tak terduga.

2. Pergi makan

Tak ada salahnya bila Anda memegang uang cash untuk makan. Meskipun Anda tetap membayarnya dengan kartu kredit atau kartu debit, kita bisa juga memberikan uang tip sebagai tanda terima kasih untuk pelayanan restoran yang sangat baik.

3. Kartu pembayaran ditolak

Ingat, tak semua toko ataupun ritel mau menerima pembayaran dengan kartu debit dan kartu kredit. Lebih baik jika kita memegang uang tunai untuk alat pembayaran untuk berjaga-jaga ketika ingin bertransaksi di toko yang tidak bisa melakukan pembayaran non-tunai.

4. Kartu dibekukan

Pihak bank sewaktu-waktu bisa menolak transaksi Anda apabila limit kartu sudah melebihi batas. Jika hal ini sudah terjadi, keadaan menjadi sangat tidak nyaman. Alangkah baiknya menyiapkan uang tunai untuk cadangan pembayaran.

5. Biaya terima kasih

Saat teman di kantor menawarkan diri untuk menyeduhkan kopi atau mengatarkan makanan, Anda membutuhkan uang tunai sebagai pengganti jasanya dan juga sebagai tanda terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *