6 Ide Wirausaha Rumahan, Bermodal Kecil

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Pemerintah saat ini mendorong anak muda untuk berani mulai berwirausaha. Wirausaha, selain membantu perekonomian keluarga, juga membantu sesama dengan membuka lapangan kerja.

Salah satu jenis usaha yang menarik adalah usaha kecil rumahan. Bisnis kelas menengah ini dapat dimulai bermodal sedikit atau pas-pasan.

Berikut beberapa jenis wirausaha rumahan yang bisa Anda praktikan bermodal sedikit untuk menambah pemasukan.

1. Handmade

Jika kamu punya keahlian merajut, atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan salah satu wirausaha rumahan yang cukup mudah dan gampang. Banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan ini.

Wirausaha rumahan bermodal sedikit ini merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu bikin tergolong menarik, orang tidak akan segan untuk membayar mahal.

2. Warkop Alias Warung Kopi

Hampir setiap orang suka minum kopi. Apalagi di Indonesia di mana telah diakui di dunia sebagai salah satu produsen kopi terbaik dan berkualitas. Mulai presiden sampai mahasiswa, semua menyukai kopi. Wirausaha rumahan dengan modal yang kecil ini bisa kamu jajaki dengan membuka warung kopi sederhana. Konsep warung kopi ini bisa kamu eksplorasi sesuai target pasar yang dituju.

3. Cemilan dan Minuman

Bisnis yang tidak akan pernah mati adalah bisnis makanan dan minuman, setiap orang pasti membutuhkan dua hal ini. Makanan ringan dan minuman segar pun bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis. Jenis wirausaha rumahan ini bermodal cukup sedikit hanya dengan uang Rp 50 ribu – 100 ribu saja, kamu bisa langsung menjadi pengusaha cemilan.

 

4. Waralaba Makanan

Saat ini, ada banyak waralaba makanan yang bisa kamu pilih dan jadikan sebagai pilihan usaha. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil waralaba makanan, tidaklah harus membutuhkan sejumlah modal yang besar. Beberapa waralaba ini bahkan bisa dimiliki dengan kisaran harga Rp 5-10 juta saja. Kamu bisa menggunakan sejumlah sisa modal untuk menyewa tempat atau kebutuhan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *