6 Tanda Kamu Terlalu Cemas soal Uang

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Membicarakan masalah finansial selalu menjadi topik utama bagi setiap keluarga. Bahkan isu ini bisa membuat kamu enggak bisa tidur, kehilangan selera makan, pusing dan berbagai gejala gangguan kesehatan lainnya.

Tahukah kamu jika gejala tersebut mengindikasikan kamu mengalami money anxiety disorder atau gangguan cemas soal uang. Inilah tanda-tanda yang bisa kamu baca jika mengalami masalah ini:

1. Pengeluaran yang enggak terkendali

Orang yang pengeluarannya tak terkendali, seringkali memang tak sadar ketika membelanjakan uangnya untuk beragam hal. Mereka bisa dibilang terjebak dalam lingkaran setan.

Mereka sering merasa gugup setelah sadar membelanjakan uangnya dan akhirnya menimbulkan rasa cemas. Kamu juga jadi merasa tidak nyaman saat belanja lagi setelahnya.

2. Menimbun banyak barang belanjaan

Belanja hal yang tidak penting seringkali dilakukan tanpa kesadaran. Terkadang bisa lebih parah lagi, barang tersebut dibeli tanpa pertimbangan yang matang. Akhirnya, banyak barang yang kamu beli malah tidak digunakan di ujungnya. Barang pun menumpuk dan kamu juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk merawat barang-barang tersebut.

3. Berhemat untuk tujuan yang salah

Orang yang cemas soal uang ada yang sampai takut sekali untuk mengeluarkan uang dan bahkan mereka seringkali menimbun uang hingga mengalami underspending.

Underspending seringkali ditandai dengan orang tersebut tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan pokok seperti kesehatan. Mereka sengaja tak memenuhinya bila mengalami hal ini.

4. Mengendalikan keuangan anggota keluarga lain

Apabila kamu sudah menikah, tanda lain orang yang mengalami anxiety disorder biasanya akan mengendalikan kondisi keuangan anggota keluarga lainnya atau pasangan mereka.

Jangan sepelekan hal tersebut karena bisa berpengaruh buruk dan menjadi bumerang. Salah satunya adalah membuat keretakan rumah tangga. tanpa sadar kamu menyulitkan akses terhadap keuangan pasangan kamu sendiri.

5. Berbohong soal keuangan

Gejala lain saat pasangan mengalami anxiety disorder ini, yakni berbohong soal keuangan mereka terhadap pasangan. Mereka enggak terbuka dengan kondisi keuangan bahkan dengan pasangan sekalipun. Mungkin kamu juga pernah melakukan hal ini. Nah, sebaiknya mulai sekarang hentikanlah melakukannya.

6. Cemas memikirkan uang

Masalah keuangan ini memang selalu menimbulkan kecemasan. Namun, pada orang normal, hal ini tidak akan membuatnya berpikir hidupnya akan segera berakhir.

Cemas soal uang biasanya akan merasa hidupnya tak akan lama lagi. Nah, itulah yang membuat kehidupannya mundur dan masalah keuangannya justru semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *