Berbagai Cara Perawatan Kulit Berjerawat

Jerawat ialah permasalahan kulit yang bisa berlangsung pada siapa. Walau termasuk akut, ada bermacam langkah gampang untuk menghilangkan jerawat. Tetapi, cara itu tidak sukses jika Anda tidak mengaplikasikan perawatan kulit berjerawat. Seperti apakah?

Macam perawatan kulit berjerawat

Salah satunya langkah menjaga kulit berjerawat saat sebelum konsultasi ke dokter kulit ialah mengenali pemicu jerawat. Ada beberapa factor yang bisa memacu jerawat, dimulai dari factor genetik sampai kebersihan muka.

Beberapa faktor itu yang nanti tentukan tipe perawatan apa yang direferensikan oleh dokter. Masalahnya factor penyebab jerawat bisa hasilkan tipe jerawat yang lain pada sebuah waktu. Akhirnya, Anda kemungkinan memerlukan perawatan yang lain dari pihak lain.

Yok, ketahui apa perawatan kulit berjerawat yang bisa memberikan dukungan penyembuhan jerawat.

1. Teratur membersihkan muka

Salah satunya kunci khusus dalam perawatan kulit berjerawat ialah jaga kebersihan kulit, baik muka atau anggota tubuh yang lain.

Kulit yang kotor memanglah bukan pemicu khusus jerawat. Tetapi, keadaan ini bisa mempermudah bakteri ‘masuk’ ke pori-pori. Mengakibatkan, bakteri juga mengontaminasi kulit dan memacu perkembangan jerawat.

Rutinitas yang terpenting dalam jaga kebersihan kulit yang berjerawat ialah bersihkan muka yang betul. Kegiatan rutin ini tidak sebatas bersihkan muka dari sisa dandanan make up dan kotoran yang lain, tapi aktivitas harian yang selalu harus dikerjakan.

Ini mempunyai tujuan supaya pencemaran, debu, kotoran, dan minyak yang melekat di kulit muka akan raib. Membersihkan muka menyiapkan kulit untuk meneruskan perawatan yang lain untuk memberikan dukungan siklus pergantian dan peremajaan kulit.

Walau membersihkan muka bisa bersihkan kulit, bukan bermakna Anda harus melakukan sering-sering. Sering membersihkan muka malah bisa hilangkan susunan minyak alami muka serta membuat muka berjerawat.

Keadaan ini bisa memacu produksi minyak berlebihan yang pasti bisa menutup pori-pori pemicu jerawat. Baiknya, membersihkan muka seharusnya dikerjakan 2x satu hari, yakni pagi dan malam, baik sedang dalam perawatan kulit berjerawat atau tidak.

2. Tentukan sabun sama tipe kulit

Kecuali teratur membersihkan muka, janganlah lupa untuk pilih sabun sama tipe kulit Anda selaku sisi dari perawatan kulit berjerawat. Selaku contoh, upayakan untuk menghindar pemakaian sabun memiliki bahan kimia yang keras waktu berjerawat.

Ini, endapan bahan kimia itu bisa tinggalkan kesan kering dan kesat berlebihan di kulit sesudah dipakai. Ini yang nanti memacu kulit mengalami iritasi.

Di bawah ini faktor-faktor sebagai alasan ketika menentukan sabun untuk muka berjerawat.

  • Struktur dan tipe sabun, seperti gel, pasta, atau sabun batangan.
  • Tentukan bahan aktif yang pas, seperti asam salisilat dan benzoil peroksida.
  • Pakai sabun yang memiliki kandungan emolien yang bekerja jaga kelembapan kulit.
  • Jauhi sabun yang memiliki kandungan pewangi sebab bisa membuat jerawat meradang.

Harus diingat jika saat pilih sabun pembersih muka yakinkan jika produk itu diformulasi spesial untuk muka. Masalahnya kulit muka dan kulit tubuh mempunyai ketebalan yang lain. Kulit muka lebih tipis dibanding kulit badan.

Oleh karenanya, produk sabun yang digunakan pasti perlu diperbedakan walau sama berjerawat. Disamping itu, sabun untuk tubuh condong memiliki kandungan deterjen yang semakin tinggi, hingga bisa membuat iritasi kulit muka dan membuat begitu kering.

Bukannya menjaga muka berjerawat, salah tentukan sabun malah bisa memacu munculnya jerawat baru.

3. Awasi pemakaian scrub di kulit berjerawat

Sabun bersihkan muka yang memiliki kandungan scrub bisa mengusung timbunan sel kulit mati dan minyak dan kotoran yang menutup pori-pori kulit. Karena itu, tidaklah aneh jika langkah ini menolong menahan jerawat tampil.

Sayang, bersihkan muka dengan sabun scrub waktu kulit berjerawat malah bisa jadi parah keadaan Anda. Ini berlaku pada eksfoliasi kulit waktu berjerawat. Oleh karenanya, dokter kemungkinan tidak merekomendasikan sabun scrub selaku perawatan kulit berjerawat.

Bagaimana tidak, beberapa butiran scrub tidak bisa tembus sampai ke dalam pori-pori selaku tempat jerawat berkembang. Butiran scrub cuman mengusung susunan sel kulit mati di susunan paling atas kulit yang pasti tidak efisien menangani jerawat.

Jika dilanjutkan, butiran scrub bisa melukai kulit yang berjerawat dan teriritasi. Makin kuat Anda menggosok, makin kronis iritasi kulit yang akan berlangsung.

4. Perawatan kulit dengan membenahi pola makan

Tahukah Anda jika rupanya ada beberapa macam makanan pemicu jerawat? Walau tidak berpengaruh langsung pada kulit, makanan spesifik bisa tingkatkan produksi minyak berlebihan yang sanggup menutup pori. Mengakibatkan, jerawat juga tampil.

Selaku contoh, makanan dan cemilan yang bisa tingkatkan kandungan gula darah bisa memacu insulin berlebihan pada tubuh. Jika ini berlangsung, metabolisme alami perombakan yang menghalangi pengobatan jerawat.

Tidak itu saja, insulin memacu produksi sebum berlebihan selaku pemicu jerawat. Bukannya konsumsi makanan manis dan berlemak, Anda dapat mengubahnya dengan banyak hal berikut ini.

  • Produk gandum utuh.
  • Kacang dan beberapa bijian.
  • Ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi untuk kurangi jerawat yang terkena.
  • Memperbanyak sayur dan buah-buahan fresh.

Dengan demikian, Anda lebih gampang hilangkan jerawat lewat perawatan yang pas.

Penuhi keperluan cairan Anda

Kecuali konsumsi minuman dan makanan yang sehat, janganlah lupa untuk penuhi keperluan cairan selaku perawatan kulit berjerawat. Air putih bisa menolong proses detoksifikasi dan jaga kelembapan kulit dari dalam.

Konsumsi air putih yang cukup menolong membuat lancar peredaran darah yang kemungkinan bisa mempermudah Anda menangani jerawat. Walau demikian, dibutuhkan riset spesial untuk menyaksikan apa air putih betul-betul bisa menjaga kulit berjerawat.

5. Mengatur depresi

Tidak cuman mengusik performa, jerawat membuat sebagia besar orang berasa pusing tidak keruan. Walau sebenarnya, makin tinggi tingkat depresi seorang, makin rawan pada jerawat.

Oleh karenanya, Anda perlu pandai-pandai cari langkah mengatur depresi saat menjaga kulit yang berjerawat.

Kecuali jalani perawatan dari dokter, seperti habiskan pemakaian antibiotik untuk jerawat, ada langkah yang lain yang bisa dikerjakan seperti berikut.

  • Menyarukan jerawat dengan dandanan yang sesuai tipe kulit.
  • Kerjakan aktivitas yang dicintai, seperti dengar musik atau menggambar.
  • Teratur olahraga.
  • Jalani rutinitas yang menentramkan pemikiran, seperti meditasi dan yoga.

Jangan sampai berasa jika Anda salah satu yang alami permasalahan jerawat. Ada berjuta-juta orang yang mempunyai penyakit yang serupa dengan Anda. Bukannya terbenam dalam duka cita, seharusnya fokus pada penyembuhan untuk menangani jerawat.

6. Teratur olahraga

Teratur olahraga adalah langkah mengatur depresi yang otomatis bisa menolong menangani jerawat. Disamping itu, keringat yang keluar waktu olahraga buka pori-pori yang mempermudah kotoran dan bakteri terangkat.

Walau demikian, Anda dianjurkan untuk langsung mandi sesudah olahraga untuk supaya baju kotor dan keringat tidak menutup pori-pori.

Ada beberapa tipe olahraga yang dapat dikerjakan selaku usaha perawatan kulit berjerawat. Tetapi, apa berenang terhitung salah satunya olahraga itu?

Beberapa orang yang berasumsi jika air kolam renang malah bisa jadi parah jerawat. Masalahnya kolam renang memang lumayan kotor dan terkontaminasi, seperti tercampur oleh keringat, air liur, dan bermacam produk yang lain.

Oleh karenanya, pengurus umumnya memurnikan air dengan zat yang disebutkan klorin atau kaporit untuk membunuh mikroorganisme beresiko di air kolam. Untuk orang yang berjerawat dengan kulit yang cukup peka pasti berasa cemas dengan klorin.

Riset yang diedarkan di The Journal of Dermatology memberikan laporan jika air yang memiliki kandungan klorin bisa membuat kulit jadi benar-benar kering. Masalahnya klorin kurangi kekuatan kulit untuk jaga kelembapannya.

Tidaklah aneh jika beberapa orang yang berjerawat pilih untuk menghindar tipe olahraga ini, khususnya pemilik kulit kering. Berenang waktu berjerawat boleh-boleh saja. Tetapi, Anda perlu lakukan perawatan tambahan pada kulit berjerawat ini seperti berikut.

  • Bersihkan muka sama air bersih dan sabun.
  • Langsung memakai pelembap sesudah mencuci badan.
  • Pakai tirai surya saat sebelum berenang dan ulang penggunaannya.

7. Jagalah kulit dari cahaya matahari

Cahaya UV matahari adalah factor yang bisa memacu infeksi, kemerahan, dan bercak hitam di wajah. Lama-lama di luar ruang tiada perlindugan tirai surya dapat jadi parah keadaan jerawat Anda.

Terus pakai losion sunscreen SPF 15 atau bisa lebih tinggi dalam periode waktu minimum 20 menit setiap saat saat sebelum keluar dari rumah.

Upayakan untuk pilih tirai surya yang memiliki kandungan senyawa kimia enteng, seperti avobenzone dan oxybenzone atau mungkin dengan merek noncomedogenic. Ini mempunyai tujuan untuk menahan munculnya jerawat baru.

Kecuali memakai tirai surya, Anda dapat menjaga dan membuat perlindungan kulit berjerawat dari cahaya matahari dengan banyak hal, misalnya:

  • topi,
  • baju lengan panjang,
  • celana panjang, dan
  • kacamata hitam.

8. Tentukan produk perawatan yang pas

Kunci khusus dari keberhasilan perawatan kulit berjerawat ialah pilih produk perawatan yang pas. Kecuali sabun pencuci muka, Anda kemungkinan pengin coba produk perawatan kulit yang diklaim menolong menangani jerawat.

Pertama kali, pemakaian toner. Produk toner berperan untuk menjaga dan bersihkan tersisa kotoran yang melekat di muka sesudah membersihkan muka.

Untuk pemilik kulit berminyak, seharusnya tentukan toner yang mengandung AHA (asam alfa hidroksi) sesudah membersihkan muka. Saat itu, pemilik kulit kering atau peka bisa memakai toner memiliki bahan PHA.

Seterusnya, bukannya memakai produk memiliki bahan landasan minyak, pemilik kulit berminyak seharusnya menggunakan produk memiliki bahan gel atau losion yang enteng. Sistem ini mempunyai tujuan supaya tidak menggairahkan kelenjar minyak yang telah aktif.

Perawatan kulit berjerawat memang lumayan susah, khususnya ketika menentukan produk yang pas sesuai tipe kulit. Seharusnya, tanyakan sama dokter specialist kulit daripada coba-coba produk yang nanti bisa jadi parah jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *