Cara Tepat Memilih Beras yang Berkualitas

Ketika kamu ingin membeli beras, alangkah baiknya kamu memilih beras yang mempunyai kualitas yang tinggi dan umur yang masih panjang. Mungkin kamu belum mengetahui cara menentukan umur beras yang akan kamu beli. Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara tepat agar kamu dapat mengetahui umur beras agar kamu tidak rugi ketika membelinya. Berikut beberapa cara untuk mengetahui cara tepat memilih beras yang berkualitas. 

Memilih beras yang berkualitas dari aroma nya

Ketika kamu memilih beras, sebaiknya kamu menghindari beras yang berbau apek. Karena apabila beras sudah berumur lebih dari sebulan, biasanya baunya tidak akan segar lagi dan akan keluar bau apek yang tidak sedap. Apalagi apabila saat digiling, beras belum benar-benar kering. Oleh karena itu kamu harus mencoba untuk mencium bau dari beras itu sebelum dibeli ya. 

Ada gurat dan tepung

Apabila kamu menemukan beras dan terdapat gurat yang dapat dilihat secara fisik maka beras itu bisa saja sudah berumur agak tua. Gurat-gurat yang berbentuk garis panjang dan memiliki tekstur yang cukup jelas adalah tanda beras sudah agak lama. Selain itu, di beras yang cukup lama akan muncul serbuk yang menyelimuti beras itu yang bentuknya seperti tepung. Jika bisa, hindari beras-beras yang mempunyai ciri-ciri seperti diatas. 

Berkutu

Salah satu tanda beras sudah lama adalah munculnya kutu. Memang banyak yang beranggapan bahwa beras yang berkutu berarti tidak mempunyai banyak bahan kimia di dalamnya tetapi kamu juga harus tahu bahwa beras yang berkutu merupakan beras yang tidak memiliki kualitas yang tinggi. Dan satu lagi, beras yang berkutu bisa saja tertular dari beras lainnya. 

Itu dia beberapa cara atau tanda yang bisa kamu ketahui agar dapat memilih beras dengan cermat. Sebaiknya kamu memilih beras yang umurnya tidak terlalu lama atau tua. Sebab beras yang lama, kandungan gizinya juga akan lebih sedikit atau berkurang. Jadi apabila memungkinkan, kamu sebaiknya memilih beras yang berumur muda saja ya. 


Itu dia informasi memilih beras yang berkualitas dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu ya. Tunggu artikel-artikel menarik kami selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *