Lakukan 5 Hal Ini untuk Antisipasi Kerugian

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Membangun bisnis itu memang bukan perihal gampang. Kamu pastinya akan menemui banyak sekali rintangan dalam perjalanan bisnis. Salah satunya, bisa saja kamu mengalami kerugian di awal.

Untung dan rugi adalah hal yang bisa didapat dalam hal bisnis. Nah, antisipasi kerugian bisa kamu lakukan dengan beberapa hal ini!

1. Pilih Partner yang Tepat dan Buat Perjanjian di Awal

Salah satu langkah yang dapat kamu lakukan untuk antisipasi kerugian pada bisnis adalah dengan memilih mitra yang cocok dan buat perjanjian awal. Ingat, bisnis bukan hal membuat planning yang hebat dan seberapa piawai kamu me-manage risiko yang akan dihadapi.

Namun, bisnis juga soal memilih partner yang pas dan punya sense of belonging yang sama dengan bisnis yang sedang kamu bangun sekarang.

Namun ingat, kamu tetap harus berhati-hati. Bisnis tetaplah bisnis. Meski partner yang kamu pilih adalah teman atau saudara, namun kamu tetap harus buat perjanjian di awal yang mengingat agar bisa saling bekerja profesional.

2. Buat SOP Sespesifik Mungkin

Setelah kamu dan partner membuat awal perjanjian, kamu bisa mulai untuk melakukan down to business. Nah, saat melakukannya, kamu bisa mulai melakukan pembagian tugas menurut keahlian masing-masing. Ada baiknya, catat semua tugas masing-masing dalam bentuk SOP.

SOP ini wajib bagi kamu dan partner ikuti terus-menerus dan dengan mitra yang saat ini bekerja sama denganmu, ataupun partner kamu di masa depan ketika kamu butuh yang baru.

Pelanggaran yang ada pada perjanjian kerja nantinya meskipun merupakan hal yang kecil hingga yang besar, bisa antisipasi kerugian dengan meminimalkan dengan adanya ini nantinya.

3. Jangan Berhenti Belajar

Selain berbisnis, kamu juga harus tak boleh berhenti belajar. Ingat, berbisnis berarti kamu berani mengambil langkah untuk dihadapkan pada pilihan ke depannya.

Nah, ketika mengambil langkah ini, kamu tak bisa asal-asalan. Kamu harus dibekali oleh pengalaman dan pengetahuan yang baik lebih dulu. Oleh sebab itulah, kamu tak boleh berhenti belajar.

4. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah hal yang lumrah saat ini. Tak hanya bisa digunakan untuk media promosi saja, namun media sosial juga bisa digunakan untuk sarana pelajaran.

Ada banyak tempat yang dapat kamu kunjungi untuk mendapat ilmu tambahan ini. Salah satunya yang membahas tentang efektivitas keuangan dalam berbisnis. Dengan demikian kamu bisa antisipasi kerugian.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam antisipasi kerugian yang bisa dialami setiap pebisnis. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *