Lupa Nomor Rekening? Inilah 3 Cara Mengetahuinya

uang-online
Uang Online

Pernahkah dimintai nomor rekening alias norek bank? Syukur kalau ingat nomornya, bagaimana kalau ternyata lupa? Terpaksa, cara yang paling sering dilakukan adalah membuka lagi buku tabungan untuk menuliskan nomor rekening. Tapi tentu saja transaksi harus tertunda sementara waktu atau tidak bisa secepat yang diharapkan sebagai konsekuensinya.

Karena nomor tersebut cukup penting dalam sebuah transaksi keuangan, ada sejumlah cara yang dapat membantu Anda untuk mengetahuinya. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

1. Cari Tahu di Buku Tabungan

Cara yang satu ini barangkali sudah banyak yang mengetahuinya. Selain menyimpan catatan saldo, uang yang terdebit, dan terkredit, juga menyimpan beberapa informasi lain. Salah satunya adalah nomor rekening yang letaknya bisa ditemukan di balik covernya. Nah, bagi Anda yang kebetulan membawanya, segera buka buku tabungan Anda dan perhatikan informasi yang tercantum di balik cover. Anda akan menemukan nomor yang Anda cari.

2. Cek di Mesin ATM

Fungsi ATM yang telah banyak diketahui banyak orang adalah memberi layanan penarikan uang tunai. Cukup masukkan kartu ATM, lalu input nomor PIN (Personal Identification Number)  Anda dan memilih nominal yang ingin ditarik. Maka uang tunai akan keluar dari mesin yang jumlahnya sesuai dengan yang Anda pilih. Di samping itu, ATM mempunyai banyak fungsi lainnya. Mulai dari pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, sampai setor tunai.

Ternyata ada satu fungsi yang belum banyak orang tahu dari ATM, yaitu bisa digunakan untuk mengecek nomor rekening. Bagaimana caranya? Saat memakai mesin ATM, tersedia beberapa menu yang dapat membantu Anda dalam menggunakan mesin ATM. Bagi nasabah Bank BRI dan BNI, cari dan pilihlah menu Mutasi Rekening, maka nomor tabungan akan ditampilkan berikut histori transaksi keuangan terakhir. Jangan lupa catat norek Anda dengan teliti.

3. Temukan di Internet Banking

Sekarang zamannya serba online. Ponsel pintar, netbook, atau gadget lain terhubung dengan internet. Perbankan pun telah menghadirkan layanan internet banking untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara online, kapanpun dan di manapun. Bagi Anda yang lupa nomor rekening, Anda bisa mencari tahu lewat internet banking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *