Mau Cepat Punya Rumah? Segera Lakukan 6 Cara Ini

uang-digital
Uang Digital

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga berfungsi sebagai tempat untuk berbagi cerita dan pengalaman bersama anggota keluarga. Keinginan untuk segera punya rumah tentu selalu terbersit di hati setiap orang.

Tetapi harga rumah yang sangat tinggi menyebabkan keinginan ini sering kali tertunda. Sebab kita harus memenuhi terlebih dahulu kebutuhan sehari-hari agar dapat bertahan hidup.

Kalau Anda memang benar-benar ingin cepat punya rumah, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Memilih Rumah Idaman

Sebelum punya rumah, Anda harus mengetahui terlebih dulu bentuk dan model rumah seperti apa yang diinginkan. Apakah itu yang luas, rumah bertingkat, atau rumah berbentuk studio. Mengetahui bentuk rumah akan lebih memudahkan untuk memperkirakan harga yang sebenarnya bisa Anda beli.

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah mengetahui lokasinya. Harga rumah dengan lokasi di pusat kota tentu akan lebih mahal dibandingkan rumah berlokasi di tepi kota. Dalam hal ini, Anda harus bisa bersikap realistis dan melihat kembali budget yang dimiliki.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli rumah bertingkat dan terletak di pusat kota apabila budget yang Anda miliki hanya sedikit. Lebih baik beli rumah dengan tampilan yang lebih sederhana, asalkan nyaman untuk ditempati oleh seluruh anggota keluarga.

2. Menetapkan Anggaran

Selanjutnya adalah menetapkan anggaran yang digunakan untuk punya rumah yang telah diidamkan. Caranya bisa dilakukan dengan menghitung jumlah antara penghasilan dan pengeluaran untuk mengetahui sisa gaji yang berhasil Anda raih setiap bulan.

Simpan sisa gaji tersebut ke dalam satu buku rekening tabungan khusus dan jangan gunakan untuk keperluan lain. Apabila jumlah yang terkumpul sudah sesuai dengan jumlah yang diinginkan, Anda bisa menggunakannya untuk membayarkan DP terlebih dahulu sebelum memulai cicilan bulanan.

3. Mengurangi Arus Biaya

Apabila arus biaya rutin, seperti biaya listrik, telepon, air dan biaya bulanan lainnya dirasa terlalu besar, Anda dapat mengurangi porsi biaya per pos pengeluaran agar jauh lebih hemat.

Dalam hal ini, Anda harus mmembuat anggaran pengeluaran baru yang nantinya akan dijadikan sebagai pedoman saat berbelanja pada bulan berikutnya. Dengan cari tersebut, Anda akan lebih cepat menabung untuk punya rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *