Coba 5 Hal Ini Sebelum Tidur Agar Wajah Menjadi Glowing

Kamu pasti ingin wajah kamu terlihat lebih cerah dan glowing di pagi hari. Tentu saja semua perempuan sangat memperhatikan kecantikan wajahnya agar dapat menunjang penampilan agar selalu tampil menarik. Tidak sedikit perempuan yang rela merogoh kantong ratusan ribu hingga mungkin jutaan untuk perawatan wajah agar putih dan glowing. Padahal banyak cara sederhana yang bisa dilakukan dirumah agar wajah menjadi glowing. 

Terdapat  5 cara yang bisa dilakukan sebelum tidur untuk mendapatkan wajah glowing di pagi hari. Jika kamu penasaran maka baca artikel ini sampai habis ya.

Cuci Muka

Cara pertama agar wajah menjadi glowing adalah dengan mencuci muka secara rutin. Tidak sedikit perempuan yang tidak sadar kalau mencuci wajah di malam hari sebelum tidur adalah hal yang sangat penting meski tidak memakai riasan wajah. Alangkah baiknya jika kamu tetap mencuci muka sebelum tidur untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah kamu. Di malam hari, kulit kamu akan melakukan regenerasi. Proses tersebut akan terhambat apabila kulit wajah tidak dalam kondisi yang bersih. 

Uapi Wajah

Dengan menguapi wajah sebelum tidur adalah hal yang baik untuk dilakukan. Ini dengan menguapi wajah kamu hal ini bisa membersihkan pori-pori. Caranya mudah, cukup dengan menuang air panas di dalam wadah dan arahkan ke wajah kamu. Langkah selanjutnya adalah menutup muka kamu dengan handuk, uap air akan membantu membuka pori-pori kulit wajah dan membersihkannya dari kotoran yang menempel. 

Banyak minum air putih 

Khasiat minum air putih sangatlah banyak. Dengan minum air sebelum kamu tidur, merupakan salah satu cara merawat kulit wajah dan ini dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Minumlah setidaknya 1 liter air sebelum tidur dan dapatkan wajah glowing mempesona di Pagi harinya. 

Jangan tidur menyamping 

Posisi tidur menyamping secara tidak langsung bisa merusak kulit wajah kamu loh. Tidur menyamping ternyata juga bisa menyebabkan munculnya keriput. Untuk itu akan lebih aman jika kamu tidur dengan posisi telentang agar kulit wajah menjadi mulus.

Tidak tidur sebelum tengah malam

Peneliti menemukan bahwa proses regenerasi kulit dimulai pada pukul 11 hingga 12 malam. Itu sebabnya untuk mendapatkan hasil maksimal saat ini generasi kamu sebaiknya tidur sebelum tengah malam. Tidur melebihi jam tersebut hanya akan membuat kulit wajah terlihat kusam di pagi hari. 

Itu dia lima hal yang wajib kamu lakukan sebelum tidur agar wajah kamu glowing di pagi hari. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu ya. 

Pahami Cara Merawat Kulit Remaja yang Benar

Untuk kamu para remaja, pastinya kamu ingin mencoba melakukan perawatan muka. Kamu dengan gampang dapat menemukan informasi tentang perawatan muka dan harganya. Dengan begitu kamu pastinya tergiur untuk memiliki Skin Care yang lebih lengkap kan bahkan beberapa dari kalian mencoba serum dan bahan aktif lainnya. Sebenarnya boleh atau tidak menggunakan serum ketika usia masa remaja dan hal apa saja yang dapat dilakukan para remaja untuk merawat kulit. Nah ini akan membahas apa saja yang dapat dilakukan untuk merawat kulit remaja tetap sehat. 

Pada sistem kulit kita ada yang namanya masa skincare turnover. Skincare turnover merupakan suatu istilah untuk menjelaskan pelepasan kulit mati dan pergantian sel kulit mati dengan sel kulit yang lebih muda. Saat kita masih remaja skincare turnover yang kita miliki masih dapat berfungsi dengan baik makin bertambah tua proses ini akan semakin melambat dan Pelepasan sel kulit tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Itulah mengapa saat masih remaja kita tidak memerlukan banyak produk seperti serum atau bahan aktif lainnya untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Kalian suka merawat kulit agar dapat berfungsi dengan baik menggunakan basic Skin Care yaitu facial wash, moisturizer dan sunscreen. Lalu apa saja yang boleh dilakukan oleh kamu yang masih remaja untuk merawat kulit?

  1. Pertama bersihkan wajahmu, mencuci muka setelah selesai beraktivitas seharian adalah hal yang wajib dilakukan. Kulit wajah yang kotor akan membuat pori-pori mu terisi oleh sebum, kotoran dan kulit mati yang dapat berpotensi menimbulkan masalah kulit. Carilah sabun cuci muka yang memiliki ph lebih karena kulit wajah kita memiliki kadar pH yang cukup asam. pH dari suatu produk yang baik bagi kulit wajah kita adalah 4,5 sampai 5,5. Produk yang terlalu basah dapat membuat minyak alami yang ada di wajah kita menjadi hilang dan mengganggu fungsi barier kulit. Ciri-ciri sabun cuci muka yang bisa membuat kulitmu rusak adalah menimbulkan rasa tertarik dan kering setelah digunakan. Wajahmu tidak seharusnya terasa kesat setelah mencuci muka. Jadi jika sabun cuci muka kamu meninggalkan rasa seperti itu maka ini adalah pertanda untuk kamu membeli sabun cuci muka yang baru 
  2. Kedua, gunakan pelembab setiap hari. Pelembab adalah salah satu hal yang wajib digunakan setiap hari. Kulit yang lembab dan terhidrasi adalah kunci agar barier kulit kamu dapat berfungsi dengan baik. Wajah yang lembab juga dapat mencegah dehidrasi. Jika kulit wajahmu memiliki barier yang berfungsi dengan baik otomatis wajah akan menjadi lebih cerah dapat melawan jerawat dan menyembuhkan diri dengan lebih cepat
  3. Selanjutnya adalah menggunakan sunscreen. Pasti banyak dari kalian yang bertanya apakah ketika masih SMP boleh tidak ya memakai sunscreen. Jawabannya adalah boleh, sunscreen merupakan produk yang dapat melindungi kulitmu dari berbagai potensi masalah kulit 
  4. Satu hal lagi nih yang harus kalian lakukan yaitu adalah tidur yang cukup. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan hormon kortisol yang bisa mempengaruhi penampilan kulit wajah. Selain itu menurut penelitian di University Hospital Medical Center orang yang tidur cukup memiliki kulit serta penyembuhan terhadap jerawat dan luka lainnya 30% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidurnya kurang. 

Itulah hal-hal yang harus kalian lakukan untuk merawat kulit agar selalu sehat. Ingat selalu kalau kulit kita merupakan organ tubuh yang pintar jadi kita harus sabar dalam merawatnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya.

Mencerahkan Kulit Dengan Melakukan Hal yang Satu Ini

Banyak orang yang ingin memiliki kulit yang cerah. Salah satu cara mendapatkan wajah yang glowing adalah dengan memiliki kulit yang cerah. Artikel ini akan membahas bagaimana cara mencerahkan kulit. Buat kamu yang penasaran warna kulit ditentukan oleh jumlah melanin yang ada di dalam kulit. Apa itu melanin? Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh sel khusus. Banyak faktor yang menyebabkan bertambahnya produksi melanin pada kulit kamu diantaranya faktor genetik hormon paparan sinar matahari ataupun peranan kulit lainnya standar kecantikan masa kini menilai kecantikan hanya melalui warna kulit.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang mendambakan memiliki kulit putih sehingga banyak di pasaran produk-produk yang mengklaim memutihkan kulit padahal yang terpenting adalah menjaga kulit kamu tetap bersih sehat dan cerah. Krim atau zat pemutih bekerja dengan cara mengurangi pigmen yang ada pada kulit.

Krim ini memang  digunakan untuk menghilangkan flek-flek hitam ataupun bekas jerawat. Tetapi, pastikan kamu mengetahui apa yang terkandung di dalamnya dan membaca sebelum membeli dan mengaplikasikannya di kulit kamu. Bahan aktif pada pemutih kulit biasanya mengandung merkuri. Bahan merkuri ini dapat membahayakan tubuh kamu apabila dipakai. Pemutih kulit biasanya mengandung bahan bahan aktif yang digunakan untuk mengurangi produksi melanin pada kulit.

Salah satu cara agar mencerahkan kulit tanpa menggunakan produk-produk pengurang pigmen adalah sebagai berikut.

Mencerahkan Kulit Dengan Chemical Peeling

Cara ini adalah dengan menggunakan chemical peeling. Chemical Peeling ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan produksi kulit yang baru dalam treatment ini beberapa bahan kimia akan dioleskan ke kulit sehingga merangsang pertumbuhan kulit yang baru Chemical Peeling mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalah:

  • mengurangi kerutan halus yang terdapat di bawah mata dan sekitar garis bibir
  • berikutnya mengobati kerusakan kulit akibat penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari 
  • dan yang terakhir mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan teknik ini agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Cara Wajah Glowing Anti Kusam yang Dapat Kamu Coba

Artikel ini akan memberikan untuk kamu tips bagaimana caranya biar wajah kita selalu terlihat glowing dan anti kusam. Tapi sebelum itu kamu perlu mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi wajah kamu menjadi susah untuk glowing dan kusam.

Salah satu penyebab wajah kita bisa terlihat kusam adalah karena faktor stress. Jadi untuk kamu yang sedang stress kamu harus bisa memitigasi stress tersebut. Stress dapat membuat wajah kamu kusam karena pada saat kita stres hormon kortisol yang dihasilkan ini sangat berpengaruh dan meningkat dalam tubuh kita. Hormon ini bisa memperlambat pembentukan sel baru kita bisa terlihat kusam karena tidak ada sel-sel baru yang tumbuh.

Selanjutnya adalah kebiasaan yang harus banget kamu hindari yaitu adalah kebiasaan merokok. Apabila kamu merokok, hal ini dapat menyebabkan kulit kamu terlihat kusam. Kebiasaan merokok ini bisa mempersempit pembuluh darah kamu sehingga bisa mengurangi oksigen dalam tubuh kamu.

Penyebab selanjutnya adalah sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan wajah. Penumpukan sel kulit mati ini biasanya karena pertambahan usia dan juga kamu kurang asupan protein dan juga sayur-sayuran.

Tips agar wajah kamu glowing anti kusam

  1. Tips  yang pertama adalah eksfoliasi ini penting banget nih minimal kamu lakukan sekali dalam satu minggu dan jangan lupa juga untuk menggunakan exfoliator yang lembut dan pastinya harus cocok dengan jenis kulit kamu jangan sampai menyebabkan iritasi ya. Kalau wajah kamu sensitif kamu bisa menggunakan oatmeal. 
  2. Yang kedua adalah masker wajah usahakan untuk memakai masker wajah seminggu 3 kali 
  3. Ketiga harus pakai serum. Ini sangat penting banget karena kalau misalnya kamu pakai serum ini bisa melembabkan wajah kamu dan juga mengatasi kekusaman pada wajah kamu. Biasanya serum ini bagus banget karena bisa menambah antioksidan dan nutrisi untuk kulit kamu. Nah kamu juga harus pintar-pintar nih serumnya kalau bisa kamu pakai serum yang mengandung vitamin dan juga mengandung antioksidan untuk kesehatan kulit kamu.
  4. Yang keempat adalah pelembab. Menggunakan pelembab ini sangat penting karena kalau tidak memakai pelembab wajah kamu akan terlihat kusam. Jadi kalau kamu udah pakai pelembab wajah kamu bisa terlihat lebih glowing dan juga lebih sehat pastinya.
  5. Tips terakhir adalah sunscreen. Tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya memakai sunscreen itu wajib dan penting banget. Usahakan memakai SPF yang di atas 30 

Itu dia tips cara membuat wajah glowing anti kusam yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan wajah glowing dambaan kamu. Semoga informasi ini berguna untuk kamu dan selamat mencoba ya.

Cara Mengetahui Jenis Kulit yang Kamu Miliki

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui jenis kulit yang kamu miliki itu seperti apa. Apabila kamu belum yakin dengan jenis kulit yang kamu miliki kamu perlu membaca artikel ini sampai habis. Karena dengan mengetahui jenis kulit yang kita miliki maka kamu dapat memastikan kamu melakukan perawatan kulit dengan benar. Tentunya perawatan yang kamu lakukan harus sesuai dengan tipe kulit kamu. 

Walaupun setiap orang itu punya kondisi kulit yang unik dan yang berbeda-beda tapi secara umum tipe kulit orang itu bisa dikategorikan menjadi empat. 

  1. Normal  
  2. Kering 
  3. Berminyak 
  4. Kombinasi 

Nah sekarang pertanyaannya bagaimana cara mengetahui jenis kulit kamu. Sebenarnya, kalau kalian sudah pernah ke dokter kulit kalian pasti akan diberitahu jenis kulitnya apa. Atau kalau misalnya kalian sering mampir ke toko skincare disitu biasanya mereka juga akan memberitahu jenis kulit kamu apa. Tetapi kalau misalnya kamu belum pernah kedua-duanya atau pengen tahu sendiri, ada dua metode yang bisa kamu lakukan. 

Metode pertama – Cuci muka

Untuk yang satu ini caranya gampang aja, Jadi pertama kamu bersihkan dulu kulit kamu, lalu tepuk-tepuk sisa-sisa airnya itu dengan lembut menggunakan handuk. Lalu tunggu selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit kamu coba amati kulit kamu di kaca gitu ya dan lihat kira-kira kulit kamu itu rasanya itu seperti apa. Kamu dapat mencoba berbagai ekspresi, ketika kamu melakukan misalnya tersenyum tetapi rasanya itu kayak ketarik dan kering banget itu artinya kamu punya kulit yang kering. Kalau misalnya kamu berkaca dan kamu melihat ada sedikit minyak atau sedikit kilau di bagian hidung dan juga dahi kemungkinan besar kamu itu mempunyai jenis kulit normal atau kombinasi.Nah kalau kamu lihat bahwa di hidung dan juga di dahi itu ada minyak yang kelihatan lebih banyak di area dagu terus juga di area pipi berarti kemungkinan besar kulit kamu tuh berminyak.  

Metode kedua – Blotting paper

Metode ini sebenarnya lebih simpel dan juga lebih mudah yaitu metode blotting paper. Caranya gampang, kamu cukup mengambil kertas minyak. Setelah itu ditempelkan atau ditempelkan di beberapa area di wajah kamu. Setelah itu kamu ambil kertas minyaknya dan arahkan ke cahaya untuk melihat seberapa banyak minyak yang ada di kertas tersebut. Kalau di kertasnya nggak ada minyak sama sekali atau hanya ada sedikit aja minyak artinya kulit kamu kering.

Kalau kamu lihat kertasnya itu ada minyaknya pada saat kamu tempelkan di area hidung artinya kemungkinan kulit kamu Normal atau kombinasi. Tetapi kalau misalnya setelah kamu arahkan ke cahaya dan  melihat kertasnya dipenuhi dengan minyak berarti kulit kamu berminyak. 

Itu dia cara mengetahui jenis kulit yang dapat dengan mudah kamu lakukan di rumah. Semoga informasi ini berguna untuk kamu ya. Selamat mencoba!

Pengin Punya Duit Rp 1 Miliar? Gini Cara Menabung Praktis

uang-online
Uang Online

Menabung praktisnya itu sebenarnya banyak kok caranya. Tapi yang terpenting itu ya gak menyusahkan aja. Maksudnya gak bikin kamu keki sendiri karena dipaksa buat menabung.

Misalnya, gaji kamu sebesar Rp 5 juta. Gak mungkin kan kamu nabung Rp 3 juta setiap bulannya. Kamu juga harus memikirkan, biaya buat kebutuhan sehari-hari. Jadi, intinya menabung itu sah-sah aja asal gak bikin kamu susah sendiri.

Berikut empat tips menabung praktis untuk kamu yang ingin punya duit Rp 1 miliar. Ini beberapa cara yang udah dirangkum

1. Memiliki rekening lebih dari satu

Cara pertama menabung praktis yang perlu dilakukan agar tujuanmu memiliki uang Rp 1 miliar dalam jangka waktu tertentu dapat tercapai adalah memulainya dengan membuat rekening terpisah.

Jadi, rekening buat kebutuhanmu mesti dipisahkan dengan rekening tabungan. Masalahnya, kalau tidak dipisah maka kamu bakal sulit untuk mengontrol pengeluaranmu.

Maksudnya di sini adalah kamu akan merasa ada uang lebih di rekening dan percaya atau gak ternyata hal tersebut dapat menciptakan keinginan buat menghabiskannya lho.

2. Konsisten

Setelah kamu memiliki rekening lebih dari satu, kamu juga harus konsisten buat menabung praktis setiap bulan dan kalau bisa tentukan berapa jumlah uang yang harus ditabung.

Namun, sebelum menentukan berapa jumlah uang yang harus kamu tabung perlu menghitungnya terlebih dahulu dan pastikan gak membuatmu tercekik.

Nah, kalau kamu tipikal orang yang sulit konsisten menabung. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas autodebet yang biasanya ditawarkan oleh bank.

Dengan begitu, mau gak mau uangmu setiap bulan akan ditarik otomatis oleh bank sesuai dengan jumlah dan waktu yang udah ditentukan, salah satunya adalah produk tabungan berjangka.

3. Sisihkan dana tabungan di awal

Cara menabung praktis selanjutnya adalah dengan menyisihkan dana di awal. Sisihkan setidaknya 20 persen dari penghasilan bulananmu.

Jika penghasilanmu sebesar 10 juta rupiah per bulan, maka dana yang harus kamu tabung sebesar 2 juta rupiah. Namun, jika jumlah tersebut dinilai terlalu berat, kamu bisa menyesuaikannya persentase tersebut. Kamu bisa memulai dengan jumlah terkecil yaitu 10 persen dari total penghasilan.

Tujuannya adalah agar kamu dapat memanfaatkan sisa uangmu dengan bijak. Jadi, tabungan kamu tidak akan diganggu gugat.

3 Langkah Mudah Menabung Saham bagi Pemula

uang-online
Uang Online

Kini menabung saham sudah bisa dilakukan oleh semua kalangan. Kamu gak perlu tajir-tajir banget kok buat bisa menjadi investor di perusahaan top. Tapi pasti banyak deh yang gak tahu bagaimana cara menabung saham apalagi buat kamu yang masih pemula dalam hal investasi saham. Nah berikut ini tahapan yang harus kamu lakukan sebelum menjadi investor seutuhnya.

1. Membuka rekening

Sama saja kaya menabung di bank-bank konvensional, kamu juga perlu membuka rekening saham terlebih dahulu untuk bisa mulai bertransaksi. Tapi, untuk membuat rekening ini kamu harus melalui perusahaan-perusahaan sekuritas atau broker.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang terpercaya dan bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat rekening. Menemukan mereka juga sangat gampang kok, biasanya sih bank-bank ternama juga memiliki anak perusahaan sekuritas, misalnya seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan perusahaan lainnya seperti Mirae Asset Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan masih banyak lagi. Tapi perlu diingat kembali, pastikan kamu memilih perusahaan yang terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oh iya, kamu gak perlu repot-repot datang ke kantor mereka, karena pembukaan rekening sudah bisa dilakukan secara online. Jangan lupa mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk menabung saham.

2. Top up dana ke rekening saham untuk mendapatkan akses ke aplikasi jual beli

Membuka rekening saja gak cukup buat melakukan transaksi jual beli saham. Cara menabung saham selanjutnya yaitu melakukan top up dana ke rekening yang telah kamu buat. Tujuannya ya tentu untuk mendukung proses pembelian saham. Dana yang diisi ke rekening tersebut akan dipergunakan untuk membeli saham di bursa efek.

Setelah mengisi rekening dengan sejumlah uang, kamu akan diberikan ID sebagai akses ke aplikasi jual beli saham di perangkat pintarmu.

3. Unduh aplikasi pembelian saham

Setelah mendapatkan askes, tinggal kamu unduh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempatmu membuat rekening untuk menabung saham. Biasanya aplikasi bisa digunakan di ponsel pintar atau komputer, tergantung selera kamu mau melakukan transaksi lewat mana. Lebih praktis sih lewat ponsel pintar, karena pergerakan saham bisa dipantau setiap saat dan di mana pun dengan praktis.

Masih Pemula ? Inilah 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan

uang-online
Uang Online

Beberapa orang kurang menyadari pentingnya investasi sejak dini. Beberapa anak muda lebih suka menggunakan uangnya untuk bersenang-senang bersama teman-teman. Selain itu, banyak juga anak muda yang menganggap bahwa investasi itu identik untuk orang yang dewasa.

Buat kamu yang masih kebingungan memilih jenis investasi dengan tepat, berikut beberapa jenis investasi untuk pemula yang menguntungkan.

Reksadana

Untuk kamu yang punya modal tidak terlalu besar, reksadana bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berinvestasi. Bahkan, hanya bermodal Rp 100 ribu saja kamu sudah bisa melakukan investasi. Menariknya, tingkat pengembaliannya pun bisa mencapai 20 persen.

Bahkan saat berinvestasi kamu juga bisa dibantu dengan manajer investasi. Kamu juga dapat memilih sendiri manajer investasi yang terpercaya dan produk yang relatif aman, lalu menyimpan uang kamu di sana.

Emas

Jenis investasi yang sangat cocok untuk pemula salah satunya adalah investasi emas. Harga emas yang cenderung terus meningkat sehingga investasi itu dinilai cukup menguntungkan. Saat menentukan harga emas, pihaknya mengacu pada dua hal yaitu harga emas di pasar internasional dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Tentu ini menjadi investasi mudah serta menguntungkan di masa depan nantinya.

Selain itu, investasi emas juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki keuangan terbatas. Kamu bahkan bisa membeli emas dalam bentuk koin atau batangan seberat 5 hingga 25 gram sesuai kondisi keuangan. Belilah emas di tempat terpercaya misalnya di lembaga yang dipercayakan pemerintah untuk mengurangi risiko penipuan.

Properti

Tak dapat dihindari, bahwa harga properti terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Properti bisa menjadi jenis investasi menguntungkan. Investasi berbentuk properti juga akan sangat menguntungkan saat nanti masa pensiun. Salah satu jenis investasi properti yang paling banyak dilakukan dengan menyewakan properti.

Dengan menyewakan, kamu bisa menghasilkan pendapatan yang cukup stabil walaupun akan terkena biaya-biaya perawatan. Kamu bisa menyewakan rumah, apartemen, kios, dan lainnya hingga menjadi sebuah investasi yang menguntungkan.

Meskipun, investasi ini tidak dapat memberikan kekayaan dengan instan. Tetapi akan menjadi salah satu tabungan yang cukup besar pada masa depan nantinya. Tetapi sebelum melakukan investasi ini, banyak hal yang perlu diperhatikan karena memiliki resiko yang cukup tinggi. Sebaiknya pelajari dulu lebih lanjut ataupun bertanya kepada yang ahli tentang investasi ini.

4 Penyimpanan Dana Aman Untuk Kebutuhan Darurat

uang-online
Uang Online

Banyak orang yang lalai dalam penyimpanan dana untuk hal darurat dari perencanaan keuangannya. Padahal, seharusnya ini sangat penting dan masuk dalam prioritas. 

Secara umum, setiap keluarga sebaiknya punya saldo dana kebutuhan darurat sebesar minimal 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Berhubung kebutuhan akan hal darurat berbeda-beda bagi setiap keluarga, maka Anda sebaiknya mengetahui kebutuhan ideal berdasarkan kondisi kehidupan saat ini.

Ada beberapa jenis aset yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menyimpan dana untuk kebutuhan darurat. Berikut ini adalah urutan yang ideal untuk beberapa penyimpanan dana tersebut.

1. Tabungan

Produk tabungan biasa sangat ideal untuk penyimpanan dana yang dikhusukan untuk hal darurat karena sangat likuid dan nilainya tidak berfluktuasi. Rendahnya suku bunga bukan menjadi hambatan, karena yang diutamakan adalah akses terhadap dana tunai. Namun, pahami juga agar jumlah dana di tabungan sebaiknya tidak melebihi kebutuhan 3 kali pengeluaran rutin bulanan.

2. Reksa dana pasar uang

Setelah saldo tabungan cukup, sarana penyimpanan dana kedua yang sangat ideal adalah reksadana pasar uang. Jenis reksa dana ini cukup aman, karena tidak fluktuatif dalam nilai. Sedangkan, secara likuiditas, reksadana pasar uang sangat mudah untuk dijual kembali.

3. Emas

Apabila jumlah dana masih berlebih, maka setelah, emas adalah sarana penyimpanan dana yang cukup ideal untuk menempatkan uang darurat. Emas dalam hal ini disarankan berbentuk logam mulia alias emas batangan. Tujuan penggunaan emas sebagai uang darurat didukung oleh kemampuan emas untuk bertahan sejalan dengan tingkat kenaikan harga alias inflasi. Selain itu, emas juga tergolong cukup likuid apalagi yang berbentuk emas batangan.

4. Deposito

Setelah tabungan dan emas, maka berikutnya adalah deposito yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan dana darurat. Hasil keuntungan setiap bulan dari deposito sebaiknya tidak digunakan untuk konsumsi, melainkan digunakan untuk menambah porsi dana darurat atau dapat juga digunakan untuk investasi di produk keuangan lain.

Apabila deposito dipilih sebagai sarana menyimpan dana darurat, maka Anda sebaiknya memilih tenor 1 bulan yang diperpanjang secara otomatis.

4 Keuntungan Pembayaran Otomatis yang memudahkan Anda

uang-online
Uang Online

Seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat kini lebih memilih segala sesuatunya untuk bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Bahkan, sistem pembayaran pun sekarang dapat dilakukan dengan otomatis tanpa harus menyulitkan atau terganggu karena lupa.

Sehingga tidak heran jika otomatisasi menjadi salah satu alternatif yang membuat pembayaran tagihan-tagihan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah keuntungan pembayaran otomatis yang bisa Anda manfaatkan :

1. Memudahkan untuk Mencapai Tujuan Anda

Salah satu manfaat dari sistem pembayaran otomatis ini adalah memudahkan untuk mengikuti tujuan keuangan Anda. Kenyamanan dan kemudahan menjadi keunggulan tersendiri dalam sistem auto-pay ini.

Membayar tagihan-tagihan biasanya menjadi hal yang paling sering terlupakan oleh sebagian orang. Namun dengan adanya pembayaran otomatis, maka pembayaran tersebut dapat didebit otomatis pada tanggal tempo yang ditentukan.

Dan yang paling penting adalah sistem ini membantu Anda dalam memudahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adanya sistem auto-pay membuat pengeluaran utama dapat diprioritaskan terlebih dahulu. Anda bisa lebih konsisten merencanakan keuangan serta tanggungjawab.

2. Mengeliminasi Penggunaan Banyak Dokumen

Pembayaran otomatis tentunya akan membuat penggunaan dokumen-dokumen menjadi berkurang. Hal ini disebabkan tagihan-tagihan dalam bentuk surat yang berdatangan juga semakin berkurang.

Penggunaan sistem auto-pay tentunya akan lebih mempertimbangkan penggunaan kertas elektronik. Cara ini cukup efektif bagi Anda yang sibuk, sering bepergian dan sangat jarang di rumah. Sehingga Anda dapat memastikan semua tagihan terbayar melalui surat elektronik.

3. Dapat Menghemat Pengeluaran

Pembayaran secara otomatis juga dapat menghemat pengeluaran. Bagaimana bisa? Sebab cara ini akan membuat Anda tidak perlu repot-repot membeli perangko dan lainnya. Anda juga terhindar dari risiko keterlambatan yang mana dapat mengharuskan membayar berbagai denda-denda yang muncul.

4. Membantu Riwayat Kartu Kredit Tetap Baik

Riwayat kartu kredit baik adalah yang sehat. Hal ini dapat memberikan kontribusi terbesar pada point Anda di bank penerbit. Kondisi kartu kredit yang sehat adalah apabila Anda dapat membayar segala tagihan tepat waktu. Sehingga dengan adanya pembayaran otomatis ini akan memastikan Anda untuk tidak melewatkan tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.