Tipe Beras Paling Sehat untuk Kamu Konsumsi

Di luar sana, banyak sekali pilihan beras yang bisa kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu suka. Mungkin kebanyakan orang memilih beras putih karena tipe beras itu adalah tipe beras yang paling sering digunakan. Tetapi tahukah kamu bahwa ada beberapa tipe beras yang bisa kamu coba selain beras putih? Apa sajakah itu? Yuk cari tahu tipe beras paling sehat disini ya!

Tipe beras paling sehat yang pertama adalah beras cokelat

Untuk tipe beras yang satu ini, di saat dia melewati proses penggilingan, dia hanya melewatinya sekali saja. Hanya lapisan paling luar saja yang dihilangkan dalam penggilingannya. Dengan begitu, beras coklat memiliki tekstur yang sedikit lebih keras dari beras putih. Namun kandungan gizi yang terdapat di beras coklat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan beras putih. 100 gram beras coklat memiliki protein sebesar 7,2 gram sedangkan beras putih memiliki 6,3 gram. Selain itu mengkonsumsi beras coklat akan membuat anda terasa kenyang lebih lama dikarenakan memiliki tingkat indeks glikemik yang sedang.

Beras merah

Siapa sih yang tidak tahu tentang beras merah, sudah banyak sekali orang-orang yang mencoba menggunakan beras merah sebagai alternatif beras putih untuk hidup yang lebih sehat. Tekstur yang dimiliki oleh beras merah sama dengan beras coklat yang agak sedikit lebih keras. Selain itu beras ini mengandung vitamin B6 dan zat besi yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan produksi sel merah. 

Beras hitam

Untuk tipe beras paling sehat yang satu ini, akan agak sedikit susah untuk menemukannya. Karena tipe beras ini agak sedikit langka di akibatkan karena beras yang satu ini memiliki harga yang cukup tinggi. Kenapa bisa tinggi? Karena tipe beras ini memiliki kandungan gizi yang paling banyak apabila dibandingkan dengan tipe beras lainya. Salah satu manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi beras hitam adalah, meningkatnya kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Tetapi perlu dicatat bahwa beras hitam memerlukan waktu yang agak lebih lama untuk dimasak karena memiliki tekstur yang keras dan pera. 

Nah selain itu kamu juga perlu mengetahui cara menyimpan beras agar bebas kutu. Ini bertujuan untuk memperpanjang umur dari beras yang kamu miliki. 

Itu dia beberapa tipe beras yang perlu kamu ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *