Tips Investasi Emas untuk Karyawan dengan Gaji Pas-pasan

uang-digital
Uang Digital

Investasi emas bisa menjadi tabungan Anda untuk masa depan yang jauh lebih menjanjikan. Investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik Anda seorang karyawan dengan gaji besar, karyawan biasa atau bahkan karyawan yang bergaji kecil pun bisa melakukannya.

Pada dasarnya, investasi emas memang lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya seperti bangunan atau mata uang dolar AS. Hal ini disebabkan karena emas karena memiliki nilai yang jauh lebih konstan dan emas cenderung mengalami kenaikan nilai di setiap tahunnya.

Sebelum memulainya, ada baiknya Anda membaca tips investasi emas berikut ini !

1. Atur Anggaran Keuangan

Kamu perlu membuat anggaran bulanan sebagai hal mendasar untuk disiplin keuangan kamu. Susunlah secara mendetail mengenai pemasukan, pengeluaran, dan kebutuhan investasi. Semakin detail informasi yang kamu berikan, semakin mudah pula mengatur keuangan bulanan. Diperlukan ketelitian agar bisa mencapai target pengeluaran yang sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Cobalah untuk selalu konsisten dengan apa yang telah diterapkan. Niscaya target kamu dalam berinvestasi akan tercapai, dan  masa depan kamu akan jauh lebih menjanjikan.

2. Buat Skala Prioritas

Saat membuat anggaran, selalu terapkan skala prioritas. Susun kebutuhan dan pastikan hal terpenting di urutan paling atas. Hal penting seperti kebutuhan makan dan tempat tinggal harus berada diurutan pertama. Sementara kebutuhan hiburan harus dikurangi supaya kamu bisa berinvestasi dengan jumlah yang lebih banyak di setiap bulannya. Selalu utamakan investasi daripada kebutuhan konsumtif. Investasi akan menjamin kehidupan masa depan Anda, sedangkan kebutuhan konsumtif hanya untuk saat ini saja.

3. Jangan Terlalu Agresif

Investasi tidak harus selalu dalam jumlah yang besar. Kamu bisa memulainya dari angka yang kecil contohnya ketika akan menabung emas. Kamu bisa mulai investasi emas dari Rp6.000-an saja. Seiring dengan berjalannya waktu, coba tambahkan nilai investasi bulanan yang kamu anggarkan. Terlebih bila kamu mengalami kenaikan gaji. Dengan menaikkan jumlah investasi per-bulan, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak juga. Karena semakin banyak investasi yang kamu miliki, perkembangannya pun lebih cepat pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *