Tips Menggunakan Influencers Sebagai Strategi Pemasaran

Menggunakan strategi influencers marketing merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian target audiens kamu. Efektif atau tidaknya itu tergantung dari cara kamu memilih influencers dan tipe konten yang dibuat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengetahui beberapa tips menggunakan influencers berikut ini agar kamu tidak salah menerapkan salah satu strategi pemasaran ini ya.

Tips Menggunakan Influencers Dengan Memilih Influencer secara Bijak

Salah satu hal yang paling penting ketika menggunakan influencer sebagai strategi pemasaran kamu adalah memilih influencer secara cermat dan bijak. Maknanya, Anda perlu ketahui lebih dulu background dan kehidupan setiap hari yang diperlihatkan influencer di sosial mediumnya, demografi penganutnya, langkah ia membuat konten, langkah ia berhubungan dengan followers dia, dan berapa biaya yang diperlukan untuk bekerjasama.

Supaya media sosial campaign yang diadakan dapat mencapai sasaran pasar yang diincar, tentu saja influencer harus juga mempunyai reputasi digital yang bagus, tidak mengandung polemik yang memacu haters dan berpengaruh produk Anda terserang imbas negatif.

Perkuat Pesan Influencer

Salah satu hal yang sering terlewatkan oleh banyak perusahaan ketika melakukan influencer marketing adalah tidak mengupload konten yang dibikin oleh influencer tersebut di sosial media perusahaan itu atau brand tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan pesan yang dibawa influencer semakin kuat. 

Triknya dapat dengan sharing di Instastory, reshare di Facebook, membagikan di account Twitter, dan lain-lain. Dan jangan lupa, Anda memberi tag atau mention ke influencer itu supaya ia paham jika yang Anda kerjakan sebagai wujud suport ke mereka. 

Memberikan sesuatu yang spesial untuk para influencer

Menjalankan hubungan yang bagus dengan para influencers terkadang masih kurang. Beberapa influencers hanya peduli dengan target yang ditetapkan saja dan ketika tercapai mereka tidak akan lagi menggunakan produk yang kamu miliki.

Agar hasil yang dihasilkan lebih maksimal, kamu dapat menyemangati mereka dengen memberikan suatu hadiah berupa produk yang kamu miliki ketika mereka berhasil mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan begitu mereka akan merasa telah di apresiasi dan yang diharapkan adalah mereka akan membuat konten secara “gratis” yang ada hubungannya dengan produk yang kamu miliki. 

Perhatikan KPI dan hasil dari campaign

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah KPI apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengukur seberapa besar dampak menggunakan influencer marketing. Dan salah satu KPI yang bisa kamu ukur adalah naiknya jumlah pengikut dari sosial media yang kamu miliki. 

Kenapa demikian? Karena idealnya sebelum seseorang membeli produk kamu, mereka telah melihat beberapa konten yang telah kamu buat. Dengan begitu ketika mereka menemukan suatu masalah dan produk kamu adalah solusinya, mereka akan teringat oleh produk atau jasa kamu. Dan dengan mengikuti kamu di sosial media mereka akan dengan gampang melihat isi konten kamu kembali sebelum memutuskan untuk membeli. 

Itu dia beberapa tips menggunakan influencers yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan influencer marketing. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *